Financial Freedom adalah Tujuan Akhir dari Frugal Living (2024)

Lyfe Pilihan

14 April 2024 11:51 Diperbarui: 14 April 2024 11:55 36

+

Laporkan Konten

Laporkan Akun

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hidup adalah sebuah proses, begitu pula komitmen untuk bisa menjalani konsep hidup sederhana, atau bahkan menuju hidup frugal living.

Pada dasarnya setiap orang atau bahkan siapa pun baru sadar setelah apa yang dilakukannya sia-sia, begitu pula saat mengikuti arus teman-teman atau lingkungan yang tidak sehat, yang lebih mengutamakan 'gaya hidup' agar terlihat tampak kaya tersebut dan ternyata itu semua tidak ada artinya.

Baca juga: Menuju Financial Freedom dengan Passive Income

Bahkan dari data yang dihimpun dari laman OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada bulan Desember 2022 lalu, tercatat bahwa platform online pendanaan atau pinjaman tersebut banyak didominasi oleh mereka yang masih berusia sangat muda dikisaran usia 19 hingga 34 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa ternyata masih banyak generasi milineal dan Gen Z yang terjebak untuk memenuhi gaya hidup, bahkan terjebak hutang tidak bermutu, seperti pinjol.

Frugal Living, Konsep Sederhana, Berat untuk Dilakukan

Memilih jalan hidup adalah pilihan, begitu pula saat memilih untuk mulai meninggalkan gaya hidup konsumtif, yang lebih mementingkan keinginan dan tampil seolah-olah tampak kaya, daripada untuk memenuhi kebutuhan.

Frugal living menjadi solusi atas hal tersebut, yaitu suatu gaya hidup yang lebih fokus pada bagaimana mengelola keuangan dengan hemat dan secara bijak. Dengan tujuan untuk mengurangi berbagai pengeluaran dengan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

Memilih gaya hidup 'frugal living' tidak berarti memilih hidup dengan serba terbatas, namun lebih fokus pada prioritas hidup.

Baca juga: Tren Nikah di KUA, Konsep Frugal Living, dan Gaya Hidup Hemat Cepat Kaya

Pada awalnya, konsep frugal living ini sudah ada sejak masa The Great Depression yang terjadi di Amerika Serikat tahun 1929 sampai tahun 1939. Saat itu terjadi suatu kondisi dimana ekonomi yang sulit tersebut membuat setiap orang untuk menghargai nilai uang dan mengurangi berbagai pemborosan.

Dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi, membuat setiap orang mulai sadar dan belajar hidup secara bijaksana, meskipun hal ini sulit dilakukan.

Baca juga: Finansial Sehat Selama Ramadan, Kunci Tenang Menuju Lebaran

Kesadaran akan pentingnya frugal living ini semakin menyebar dengan cepat dengan semakin mudahnya informasi melalui media sosial, komunitas online, blog dan juga berbagai sharing pengalaman, yang membuat masyarakat mulai mengurangi berbagai pengeluaran yang tidak perlu, memprioritaskan pada kebutuhan utama, dan juga mencari cara untuk bisa meningkatkan pendapatan.

Menerapkan Frugal Living untuk Mencapai Kebebasan Finansial di Masa yang Akan Datang

Wabah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga, bahwa hidup itu harus direncanakan, apalagi dalam menghadapi hidup yang serba tidak pasti, pengaruh resesi dan inflasi, bahkan sangat mempengaruhi kondisi ekonomi.

HALAMAN :

  1. 1
  2. 2

LIHAT SEMUA

Mohon tunggu...


Lihat Lyfe Selengkapnya

Beri Komentar

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

` } }) document.querySelector('.video-box-thumb').innerHTML = html_video_rec_thumb; } } } let description = document.querySelector('meta[name="description"]').content let keywords = document.querySelector('meta[name="content_tags"]').content let title = document.getElementsByTagName("title")[0].textContent; let data = { "title": title, "description": description, "keywords": keywords, "page_id": "661b60e81470932fb9665b72", "current_url": "https://www.kompasiana.com/firmanrahman4212/661b60e81470932fb9665b72/financial-freedom-adalah-tujuan-akhir-dari-frugal-living", } let data_kgnow_token = { "url": "https://apis.kompas.com/api/widget/video", "Authorization": "Bearer eyJpdiI6ImhyUXB1T0dKZnJabExYbzk5SlNTMkE9PSIsInZhbHVlIjoieUZ1NlVvVDUxOHRNQ2Z2bTE2ejBoZz09IiwibWFjIjoiYWZiYzQzNTk1NTFmODMxY2IyZTBmY2E4ODYyNWQ0YjU5N2VkOTgzNmVlNjU5ZmQ4MmI1YWJmZjU2Nzg4NGVhOSJ9", } rvJixie.open("POST", "https://apis.kompas.com/api/widget/video", true); rvJixie.setRequestHeader('Authorization', data_kgnow_token.Authorization); rvJixie.setRequestHeader('Content-Type', 'application/json'); rvJixie.send(JSON.stringify(data)); } getVideo(); function dateFormatJixie(value) { const monthText = ['Januari', 'Februari', 'Maret', 'April', 'Mei', 'Juni', 'Juli', 'Agustus', 'September', 'Oktober', 'November', 'Desember']; if (value) { const dateJixie = new Date(value); return dateJixie.getDate() + ' ' + monthText[dateJixie.getMonth()] + ' ' + dateJixie.getFullYear(); } else { return ""; } } function timeFormatJixie(value) { if (value) { const timeJixie = value.split(':'); if (timeJixie[0] == '00') { return timeJixie[1] + ':' + timeJixie[2]; } else { return value; } } else { return ""; } } function timeSince (value) { console.log("sini",value) if (typeof value !== 'object') { date = new Date(value); } var seconds = Math.floor((new Date() - date) / 1000); var intervalType; var interval = Math.floor(seconds / 31536000); if (interval >= 1) { intervalType = 'tahun yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 2592000); if (interval >= 1) { intervalType = 'bulan yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 86400); if (interval >= 1) { intervalType = 'hari yang lalu'; } else { interval = Math.floor(seconds / 3600); if (interval >= 1) { intervalType = "jam yang lalu"; } else { interval = Math.floor(seconds / 60); if (interval >= 1) { intervalType = "menit yang lalu"; } else { interval = seconds; intervalType = "detik yang lalu"; } } } } } return interval + ' ' + intervalType; }

Financial Freedom adalah Tujuan Akhir dari Frugal Living (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Nicola Considine CPA

Last Updated:

Views: 6583

Rating: 4.9 / 5 (69 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Nicola Considine CPA

Birthday: 1993-02-26

Address: 3809 Clinton Inlet, East Aleisha, UT 46318-2392

Phone: +2681424145499

Job: Government Technician

Hobby: Calligraphy, Lego building, Worldbuilding, Shooting, Bird watching, Shopping, Cooking

Introduction: My name is Nicola Considine CPA, I am a determined, witty, powerful, brainy, open, smiling, proud person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.